Sekilas Tentang Teh Sanna Alsunnah


Sanna adalah tumbuhan berbunga yang sangat banyak  manfaatnya,yang banyak di manfaatkan adalah bagian daunya. Sanna mulanya adalah tanaman asli afrika,Timur Tengah di daerah mesir dan sudan. Nama lain sanna (Bahasa Arab) adalah Seven Golden Candlestik (Inggris), Katepeng Kebo (Jawa), Ketepeng Cina (Indonesia), ketepeng Badak (Sunda), Acon-aconan (Madura), Sajamera (Halmahera), Kupang-Kupang (Ternate), Tabanku (Tidore), Daun Kupang, Daun Kurap, Gelangang, Uru’kap (Sumatra)


Sanna telah  ribuan tahun digunakan dalam pengobatan oleh masyarakat. Pohon Sanna sampai saat ini di perdagangan  oleh orang-orang Ababdeh dan ditanam secara komersial, secara tradisional di sepanjang Sungai Nil tengah tapi lebih umum di banyak daerah sekitar Samudera Hindia barat laut.
Sanna berguna sebagai pencahar dan mengandung bahan turunan antrakuinon dan aktif glucosides. Sanna digunakan dalam kedokteran modern sebagai laxative; yang bekerja pada usus yang lebih rendah, hal ini sangat berguna dalam mengurangi sembelit.
Sanna juga merupakan bahan utama yang ditemukan di sebagian besar "teh diet yang berguna sebagai stimulan yang mengurangi nafsu makan, dan sifat pencahar yang mengakibatkan penurunan berat badan yang cepat dan tidak berbahaya.

Di indonesia sendiri teh sanna banyak digunakan sebagai sarana untuk menjadi pengobatan tradisional pelangsing tubuh, yang banyak ditemui di toko kecantikan.

Daun Senna (1)
sekilas tentang teh sanna alsunna

Nabi S.A.W Bersabda yang diriwayatkan oleh imam tirmidzi
“Subrun itu panas,janganlah kamu menggunakannya sebagai pencuci perut,namun gunakanlah SANNAH dan Sanut sebab itu adalah obat untuk segala penyakit selain mati”.
 Menurut Hadist Ibnu Majjah Nabi S.A.W bersabda;
“Sannah dan Sanut adalah baik untuk kalian,karena mengandung obat semua penyakit selain mati”.
Inshaa Allah atas ijin Allah S.W.T semua manfaat bisa didapatkan. Juga dalam hadist yang lain nabi S.A.W Bersabda,”Sumber penyakit itu ada di sini (perut)”.

Daun Senna
daun sanna
Pertama kalinya Allah telah S.W.T menurunkannya kepada nabi Sulaiman A.S ketika beliau sedang sujud dan Pohon Sanna berbicara kepada beliau berhubungan dengan manfaat/khasiatnya.
Juga,bagi kaum pria dan wanita Arab Teh Sanna ini telah di gunakan sebagai minuman selama ribuan tahun yang lalu hingga sampai kini teh sanna digunakan sebagai minuman kesehatan,megurangi berat badan dan mengempiskan perut buncit. Karena Teh Sanna atau dikenal juga sebagai Sanna Mekkah merupakan minuman yang memiliki khasiat pengobatan yang sangat tinggi.


0 Response to "Sekilas Tentang Teh Sanna Alsunnah"

Posting Komentar